Lantai SPC Jenisnya dan Penggunaannya

Di pasaran, ada berbagai bentuk lantai SPC yang dapat dimanfaatkan untuk flooring. Perlu kamu tahu bila kini SPC makin populer dan banyak dipilih untuk penggunaan komersial dan residensial. Faktanya, ada berbagai keuntungan memasang SPC Floor , seperti harganya yang terjangkau, memiliki pilihan desain dan pola yang beragam, serta proses instalasi yang mudah. Agar tidak salah pilih, yuk cari tahu sama-sama bentuk SPC Floor yang tersedia di pasaran.

Tile Flooring

Seperti namanya, jenis lantai ini seperti ubin yang hadir dengan bentuk persegi, mirip dengan ubin keramik atau stone tile. Satu-satunya perbedaan adalah ini termasuk PVC tile. Ada beberapa desain dan style untuk SPC tile, yaitu tampilan yang terinspirasi granit, realisme natural hardwood, dan marmer mewah. Untuk pemasangannya sendiri umum menggunakan metode loose-lay atau glue-down.

Lalu, bagaimana dengan luxury SPC tile? Lantai-luxury tile ini termasuk jenis lantai tahan banting kelas atas yang dapat digunakan untuk tujuan residensial dan komersial. Jenis lantai ini memiliki tekstur lebih tebal dengan ketebalan hingga 5 mm dan wear layer dapat mencapai 0,5 mm. Itulah kenapa jenis luxury-tile punya daya tahan lebih baik dibandingkan dengan lantai-tile biasa. Sedangkan untuk pemasangan dapat dilakukan dengan sistem click-on.

Sheet Flooring

Bentuk  spc-floor ini adalah lembaran atau gulungan lebar yang menyediakan fleksibilitas dalam hal dimensi bagi pengguna. Kamu dapat menyesuaikan ukuran sesuai dengan area ruangan dengan memotongnya saat memasang. Biarpun ada dalam bentuk lembaran, itu tidak memengaruhi visual realistis dari keseluruhan lantai.

Ada berbagai macam style dan tekstur yang tersedia untuk SPC-sheet, seperti tampilan kayu yang eksotis, meniru batu alam, dan keramik. Sama halnya dengan spc-tile, SPC sheet juga dapat dipasang di atas lantai yang telah ada. Perlu diingat bahwa permukaan lantai harus rata, halus, bebas debu serta ada dalam kondisi kering sebelum dipasang SPC sheet.

Plank Flooring

Bentuk lantai SPC plank dianggap umum diantara berbagai jenis lantai SPC yang tersedia dalam berbagai ketebalan, lebar, sistem pemasangan dan desain yang berbeda. Jenis lantai dengan lebar sempit kurang dari 3 inch juga disebut dengan strip. Papan lebar biasanya dilengkapi dengan lebar sekitar 5 – 7 inch. Sedangkan papan lebih lebar cenderung memberi efek visual ruang yang makin luas.

Sedangkan untuk pemasangan lantai SPC plank ini tersedia dengan berbagai pilihan, seperti glued-down, loose-lay, click-lock, dan self-adhesive. SPC plank dengan sistem self-adhesive atau sistem perekat diri biasanya dilapisi dengan lem pressure sensitive glue. Sistem pemasangan click-lock dibuat khusus untuk saling mengunci dengan papan sebelahnya tanpa menggunakan lem atau alas.

Luxury Plank Flooring

Sama halnya dengan SPC plank flooring, luxury SPC plank flooring juga ditemukan dalam ketebalan dan lebar yang berbeda. Daya tahan dan fitur kedap air membuatnya cocok dipasang untuk area dapur dan kamar mandi. Untuk pemasangannya sendiri tersedia dalam sistem click-on dan loose-lay yang dianggap cukup user friendly. Dengan kualitas yang dimiliki, kamu akan mendapat berbagai keuntungan saat memasang jenis lantai luxury SPC plank flooring.

3 Responses

Add a Comment

You must be logged in to post a comment