Artikel_ke3_SPCfloor

Kenali Karakter Lantai Parket Serta Perawatannya

Merawat lantai parket juga punya triknya tersendiri. Bila Anda asal-asalan saat melakukannya, bukannya bersih, justru lantai parket yang terinstal di rumah akan tergores atau rusak. Biarpun ada banyak keuntungan memasang lantai, namun Anda juga perlu tahu tentang karakter parket agar tahu bagaimana cara merawatnya. Dan berikut penjelasan lengkapnya.

 

Karakter Lantai Parket

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Dalam hal instalasi, ada poin yang perlu Anda perhatikan. Perlu Anda tahu bila lantai membutuhkan permukaan yang solid dan benar-benar rata. Hal ini pun membuat pemilik rumah harus mempersiapkan lantai terlebih dulu, seperti melakukan penyemenan ulang atau memasang keramik murah untuk mencapai permukaan lantai yang benar-benar rata. Pemasangan juga akan tergantung dari jenis parket yang Anda pilih. Pemasangan kayu solid umumnya lebih rumit dan memerlukan tenaga profesional khusus. Sedangkan parket olahan dapat dipasang dengan cara menempatkannya, memasang sistim klik atau pengeleman. Kabar baiknya, pemasangan pada area lantai yang tidak rata dapat diakali dengan pemasangan karpet atau busa. Namun begitu, hasil akhir dari pemasangan dikhawatirkan tidak sempurna.
  • Tingkat kelicinan lantai. Beberapa lantai, terutama laminate atau solid memiliki sifat yang cukup licin sehingga membuat orang yang berjalan diatasnya dapat terpeleset, apalagi bila kondisinya basah atau tersiram air. Meski ada beberapa variasi tekstur yang bisa Anda pilih di pasaran, lantai parket tidak disarankan untuk Anda yang memiliki orang tua atau lansia di rumah, atau diaplikasikan di dapur karena rentan basah.
  • Kemungkinan warna untuk memudar. Jangan lupa ada kemungkinan warna memudar bila lantai parket ditempatkan di area masuknya sinar matahari. Jadi, bukan tidak mungkin tampilan lantai parket akan memudar atau berubah warnanya.

Cara Perawatan:

Cara untuk merawat lantai parket tergolong mudah. Bila dilakukan dengan tepat, lantai parket pun dapat bertahan lama. Misalnya:

  • Menjaga lantai tetap lembap dan jika terkena air segera dikeringkan. Air yang terserap ke dalam kayu akan membuat lantai bergelembung dan rusak.
  • Gunakan bahan untuk mengepel yang ramah lingkungan karena bahan kimia yang berlebihan dapat merusak lapisan.
  • Perlu adanya proteksi pada perabotan yang menempel secara langsung pada lantai seperti meja, kursi, dan kabinet.
  • Pindahkan perabotan yang menempel secara langsung pada lantai dengan mengangkatnya, alih-alih menyeretnya.
  • Untuk merawat lantai setelah dipasang selama bertahun-tahun, Anda dapat menggunakan mesin scrubber. Cara kerja alat ini adalah dengan menyemprotkan cairan dan terdapat sikat halus yang langsung membersihkan permukaan lanta.
  • Bila bagian pelapis sudah pudar atau Anda ingin mengganti warna, lapisan luar lantai dapat dikuliti dan diganti dengan pelapis baru. Cara kerja mesin adalah dengan menghilangkan lapisan lantai terluar, kemudian memberi lapisan baru sesuai selera. Hal ini pun dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana baru atau sekedar mengganti konsep interior di rumah. Dengan penggantian pelapis atau warna lantai yang baru, Anda pun akan mendapatkan atmosfir baru ketika berada di rumah.

12 Responses

Add a Comment

You must be logged in to post a comment