Memasang Lantai Parket Untuk Dapur Guna Menambah Nilai Estetika

Lantai parket untuk dapur tampak seperti hal yang aneh bagi sebagian orang karena kayu keras dianggap bukan pilihan yang dapat diandalkan saat dipasang pada area cenderung mudah basah, seperti untuk mencuci, memasak serta dengan trafik tinggi. Tidak heran bila lantai parket tradisional selalu dihindari di tempat yang bersentuhan dengan air. Faktanya, memasang lantai parket untuk dapur dapat menjadi pilihan valid. Dan berikut paparan lengkapnya untuk Anda.

Apa Itu Lantai Parket?

Sebelum berbicara panjang lebar tentang pemasangan lantai parket untuk dapur, tidak ada salahnya Anda untuk tahu apa itu lantai parket. Lantai parket adalah potongan kayu atau papan yang direkatkan atau diapungkan ke permukaan. Lantai ini dibuat dari kayu asli yang menawarkan kenyamanan dan bisa mengatur suhu. Itu artinya, lantai parket akan membuat Anda merasa hangat ketika berjalan diatasnya saat musim dingin dan akan mendinginkan kaki ketika berjalannya diatasnya saat musim panas.

Keunggulan Lantai Parket

Lantai parket menawarkan keandalan, ketahanan, dan keindahan estetika yang pasti tidak ingin Anda lewatkan. Oleh karena karakter inilah kenapa jenis lantai ini cocok dipasang untuk berbagai ruangan di rumah Anda. Baik itu untuk kamar tidur, ruang keluarga, bahkan untuk dapur yang diketahui memiliki trafik tinggi dan cenderung lembap.
Sebenarnya, lantai parket sendiri dapat dibuat dari spesies kayu yang berbeda, sebagai contoh bambu, beech, cherry, eboni, maple, oak, pinus, walnut, dan lainnya. Tentu saja, tiap pilihan tersebut akan menghadirkan suasana yang berbeda pula. Hal ini pun membuatnya memiliki desain unik dan otentik dibandingkan jenis lantai lain.

Memasang Lantai Parket Untuk Dapur

Sebenarnya, pemasangan lantai parket untuk dapur tidak bisa dianggap sebelah mata. Kayu keras adalah bahan lantai alami, nyaman serta akan membuat masa tinggal Anda di dapur lebih menyenangkan. Dengan cara ini, Anda akan dapat mengurangi perbedaan visual antara area ruang tengah dan dapur, atau untuk memisahkan area dapur secara visual dari bagian lain area di rumah Anda.

Lalu, bagaimana seharusnya mengecat lantai parket untuk dapur? Ketika Anda memutuskan jenis lantai parket untuk kamar tidur dan ruang keluarga, pilihan biasanya soal estetika. Ini berbeda dengan area dapur mengingat bahan distressed dan mentah tidak disarankan, dan pengecatan lantai parket harus dilakukan secara menyeluruh. Jadi, cara terbaiknya adalah dengan mengaplikasikan finishing dalam beberapa lapis.
Hal ini akan membantu lantai parket untuk area dapur menjadi lebih tahan terhadap tumpahan air. Mengecat lantai parket seharusnya juga dapat mencegah kelembapan. Bila Anda mempertimbangkan memasang lantai parket untuk dapur, perlu Anda tahu bila refinishing menjadi aktivitas yang cukup rumit dan mahal, serta butuh profesional berpengalaman.

Selanjutnya, apa yang perlu dilakukan untuk merawat lantai parket bila dipasang untuk dapur? Lukisan tipis pada lantai parket tidak akan mengamankannya dari kerusakan dan tergenang air. Dalam situasi seperti ini, hampir tidak mungkin untuk mengembalikan lantai parket pada kondisi sebelumnya. Untuk itu, pastikan untuk mencegahnya dengan pipa ledeng yang layak serta peralatan yang aman.

Selain itu, Anda juga perlu menyapu dan melakukan vacuum pada space ini sesering mungkin sebagai perawatan reguler karena ini menjadi kunci sukses ketika Anda memutuskan memasang lantai parket di dapur. Juga, ulangi pengecatan lantai parket dengan lapisan pelindung dua kali setahun atau lebih jika perlu. Dengan cara seperti ini, lantai area dapur akan nampak lebih segar dan nyaman.

Add a Comment

You must be logged in to post a comment